SPESIFIKASI LAYANAN DAN MODEL BISNIS DAN SPESIFIKASI PERSYARATAN SISTEM MANAJEMEN LAYANAN SI
NAMA : ADELLIA NUR ADYNA PUTRI I
KELAS : 2KA04
NPM : 10119137
SPESIFIKASI LAYANAN DAN MODEL BISNIS DAN SPESIFIKASI PERSYARATAN SISTEM MANAJEMEN LAYANAN SI
Spesifikasi Layanan dan Model Bisnis Manejemen Layanan Sistem Informasi
A. Pengertian Manajemen Layanan Sistem Informasi (MLSI)
MLSI merupakan manajemen yang melakukan suatu pelayanan sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
B. Layanan yang Dilakukan oleh Manajemen Layanan Sistem Informasi
1. mendukung operasional bisnis
2. Mendukung keunggulan strategi
3. Perencanaan stretegi perusahaan dan kebijakan
4. Meningkatkan aksebilitas data
5. Meningkatkan strategi suatu layanan secara global dan menyeluruh
6. Meningkatkan efisiensi kerja.
C. Kerangka kerja MLSI
1. Konsep – Konsep Dasar
Konsep dasar keprilakuan, teknis, bisnis, dan manajerial termasuk mengenai berbagai komponen dan pernanan sistem informasi.
2. Teknologi Informasi
Konsep-konsep utama, pengembangan dan berbagai isu manajemen teknologi informasi, meliputi hardware, software, jaringan, manajemen sumber daya (data) dan teknologi berbasis internet.
3. Aplikasi Bisnis
Penggunaan utama dari sistem informasi untuk operasi, manajemen dan keunggulan kompetitif. Aplikasi teknologi informasi dalam bidang fungsional bisnis seperti pemasaran, produksi, dan akuntansi serta aplikasi perusahaan lintas fungsi seperti manajemen hubungan dengan pelanggan dan perencanaan sumber daya perusahaan
4. Proses Pengembangan
Bagaimana para praktisi bisnis dan pakar informasi merencankan, mengembangkan, dan mengimplementasikan sistem informasi untuk memenuhi peluang bisnis. Metodologi pengembangan siklus hidup pengembangan sistem dan pendekatan prototype untuk pengembangan aplikasi bisnis, juga memahami berbagai isu bisnis yang terdapat dalam pengembangan SI.
5. Tantangan Manajemen
Tantangan untuk secara efektif dan etis mengelola teknologi informasi pada tingkat pemakai akhir, perusahaan dan global dalam bisnis. Tantangan keamanan dan berbagai isu manajemen keamanan dalam penggunaan teknologi informasi.
MODEL BISNIS MLSI
1. B2C
kegiatan e-business dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa.
2. B2B
transaksi secara elektronik antara objek bisnis yang satu dengan objek bisnis lainnya. B2B disebut juga transaksi antar perusahaan.
3. C2C
Sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis atau transaksi antar konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu dan pada saat tertentu.
4. C2B
jenis e-commerce dengan pembalikan utuh dari transaksi pertukaran atau jual beli barang secara tradisional.
SPESIFIKASI PERSYARATAN MLSI
1. pelanggan yang mencari layanan dan membutuhkan jaminan mengenai kualitas layanan tersebut
2. pelanggan yang membutuhkan pendekatan konsisten terhadap siklus hidup layanan oleh semua penyedia layanannya, termasuk yang ada dalam rantai pasokan
3. suatu organisasi untuk menunjukkan kemampuannya untuk perencanaan, desain, transisi, pengiriman dan peningkatan layanan
4. suatu organisasi untuk memantau, mengukur dan meninjau SMS dan layanannya
5. organisasi untuk meningkatkan perencanaan, desain, transisi, pengiriman dan peningkatan layanan melalui implementasi dan pengoperasian SMS yang efektif
6. organisasi atau pihak lain yang melakukan penilaian kesesuaian terhadap persyaratan yang ditentukan dalam standarini
7. penyedia pelatihan atau saran dalam manajemen layanan.
Komentar
Posting Komentar